Hasil dari proses minyak mentah

Hasil dari proses minyak mentah banyak sekali menjadi sebuah bensin, minyak tanah, LPG, avtur, solar dan avgas. Keseluruhan jenis bahan bakar tersebut tidak akan diperoleh bila minyak mentah tidak melalui proses distilasi. Maka sebab itu ada juga yang melalui proses distilasi bila melalui proses distilasi minyak mentah ini ditampung di dalam tangki bahan baku kemudian akan dipompa untuk dimasukksn kedalam kolom CDU atau Crude Distillation Unit tetapi sebeblum memasukkan sebaiknya kandungan garamnya dihilangkan mneggunakan alat yang kita sebut dengan desalter dari alat tersebut minyak mentah akan dilewatkan pada alat penukar panas untuk menyerap panas dari fraksi yang telah didistilasi sebeblumnya.

Untuk selanjutnya tahapan pemasakan maka minyak mentah dipanaskan pada tungku dengan suhu kurang lebih 350°C, suhu tersebut dianggap cukup untuk memisahkan fraksi-fraksi minyak mentah. Namun, suhu yang digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis minyaknya. Maka selanjutnya melakukan pemisahan di dalam kolom distilasi terjadi secara atmosferik atau bertekanan atmosfer, sehingga proses ini sering juga disebut distilasi atmosferik. Minyak bumi  di dalam kolom akan mengalami penguapan, dan uapnya akan tertampung pada susunan tray. Maka sebab itu proses minyak mentah membutuhkan suatu proses dan tahapan yang sangat ribet sekali dan tahapan ini harus dikerjakan agar minyak mentah dapat menjadi sebuah minyak bumi.

contoh hasil minyak mentah

Adapun manfaat minyak mentah bagi kehidupan sehari – hari pertama sebagai sumber gas cair atau yang biasa disebut LPG dan gas cair merupakan salah satu produk dengan nilai yang lebih tiggi disbanding dengan bahan bakar lain untuk kendaraan. Kedua sebagai bahan bakar yang harus diolah dulu untuk dapat dimanfaatkan, tidak bisa langsung digunakan karena sangat berbahaya. Proses pengolahan minyak mentah melalui beberapa tingkatan. Seperti proses penyulingan sampai didapatkan beberapa komponen minyak bumi yang lebih ringan. Maka hasil dari proses penyulingan minyak bumi yang menjadi bahan bakar residu adalah bensin, solar, bensol dan minyak tanah. 

Ketiga industry kimia yang produknya dihasilkan dari olahan minyak mentah adalah car minyak, cat dinding, cat mobil, cat kayu, cat besi dan beberapa produk plastik. Hasil samping dari pengolahan minyak bumi ini ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Keempat produksi bahan serat seperti rayon, nilon, poliester dan bahan tekstil sintetis ternyata juga menggunakan salah satu hasil dari minyak mentah untuk membuatnya. Minyak bumi yang telah melewati berbagai macam tahapan pengolahan akan menghasilkan berbagai produk. Kelima sumber produksi polimer yang sangat penting seperti produk plastik. Keenam produk keperluan dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi dan mejad ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya. Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja.
0 Komentar untuk "Hasil dari proses minyak mentah"

Back To Top